Jumat, 01 Februari 2013

Wisata Kota Poso

Wisata Poso

Beaches, favourite place for Sunday family leisure...
Beaches, favourite place for Sunday family leisure...
Kawasan Poso dan sekitarnya dikaruniai keindahan alam yang luar biasa. Alam tropis dengan matahari cerah sepanjang hari merupakan anugerah yang tentu tidak selamanya dinikmati negara-negara empat musim seperti Asia Utara, Eropa, Australia, dan Amerika. Dipadu dengan keindahan pantai dan pulau-pulau serta taman laut yang indah, serta keunikan adat-istiadat masyarakat lokal yang unik, tentulah merupakan daya tarik wisata yang tidak akan ditemui di tempat lain. Adapun ikon utama pariwisata Poso dan sekitarnya adalah:
  1. Berbicara tentang taman laut, Kepulauan Togean yang terletak di sebelah Utara kota Poso merupakan surga bagi penggemar olahraga menyelam (diving) ataupun snorkeling. Taman laut Togean berisi ribuan jenis ikan dan coral yang terlindung aman dibalik air laut yang jernih dan tenang. Penggemar olahraga laut maupun mereka yang sekedar ingin menikmati ketenangan alam dapat memilih Togean islands sebagai tujuan wisata.
  2. Danau Poso yang terletak di daerah Tentena merupakan salah satu danau terdalam dan terindah di Indonesia. Bentangan danau seluas kurang lebih 32.000 ha dengan kedalaman sampai 510m ini menawarkan keindahan alam yang menantang untuk dinikmati dan ditelusuri. Pinggirannya berpasir putih keemasan dan airnya yang jernih berombak seperti laut. Selain mengundang wisatawan, danau Poso juga menarik minat para ilmuwan untuk melakukan penelitian. Karakteristik air danau juga mengundang investor yang kini mengembangkan ikan jenis-jenis tertentu untuk pasaran ekspor. Danau Poso masih menyisakan banyak peluang dan tantangan dieksplorasi untuk pengembangan lebih lanjut.
  3. Festival Danau Poso merupakan pekan budaya rakyat Poso yang diadakan setiap tahun di kawasan danau Poso. Keunikan budaya yang dipadu dengan keindahan alami danau Poso menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati festival ini setiap tahun.
  4. Pulau Kelelawar terletak di kecamatan Ampibabo, sekitar 97 kilometer dari kota Palu dan dapat dicapai dengan semua jenis kendaraan. Keindahan alam di Pulau Kelelawar sangat menawan, terutama bagi mereka yang menyukai hobby diving, snorkeling atau sekedar mandi matahari.
  5. Air Terjun Saluopa, merupakan air terjun bersusun 12 tingkat yang dikelilingi hutan tropis yang menawan. Air terjun ini terletak di terletak di sebelah barat kota Tentena, Poso. Wisatawan dapat naik ke tingkat yang tertinggi melalui bebatuan di bawah derasnya air. Pemandangan sekitarnya membawa keteduhan alami.
  6. Gua Pamona dan Latea merupakan penanda tradisi Toraja yang hadir di kawasan ini sejak lama. Dalam gua ini dapat ditemukan tengkorak dan tulang-tulang mayat persis yang dapat dilihat di gua-gua alam pemakaman Tana Toraja. Gua ini terletak di daerah Tentena.
  7. Populasi burung Maleo (maccrocephalon maleo) merupakan salah satu keunikan fauna yang hanya dapat ditemui di Sulawesi Tengah, Utara dan Tenggara. Untuk Sulawesi Tengah, burung ini dapat ditemui di daerah Sausu, Kab. Parigi Moutong dan beberapa tempat di Kab. Tojo Una-una.
  8. Pantai Nalera menawarkan pesona pantai tenang berpasir putih sepanjang 5km. Pantai ini terletak di desa Marantale, Parigi sekitar 64 kilometer dari kota Palu. Biasanya setiap akhir pekan, pantai ini ramai dikunjungi warga sekitar ataupun dari luar kota untuk berwisata bahari.
  9. Cagar Alam Morowali berada di wilayah Kabupaten Morowali. Dari pelabuhan Kolonedale, perjalanan ke Cagar Alam Morowali dilakukan dengan motor laut selama kurang lebih 1 jam. Cagar Alam Morowali merupakan hunian bagi berbagai satwa dan flora ekosistem asli Sulawesi. Dengan luas sekitar 225.000ha, Cagar Alam Morowali menawarkan keindahan pesona alam yang lengkap mulai dari pantai, hutan mangrove, hutan alluvial dataran rendah, hutan rawa, hutan pegunungan dan hutan lumut pada ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut, dengan 3 sungai utama. Kawasan ini dihuni suku tradisional Wana.
  10. Taman Laut Teluk Tomori adalah keindahan lain yang ditawarkan kawasan Morowali. Teluk yang tepat berada di depan Kolonedale ini dihuni oleh pulau-pulau kecil yang eksotis dengan keindahan alaminya. Sebut saja pulau Rumbia, Pengia dll serta gua-gua alam yang tak kalah menarik. Kehidupan dan aktivitas nelayan di kawasan ini juga menjadi attraksi tersendiri yang menarik perhatian wisatawan.
Masih banyak eksotisme wisata alam Poso dan sekitarnya siap memanjakan siapapun yang datang menyapa kawasan ini. Pesona alamnya lengkap, mulai dari pesona pantai dan kepulauan sampai ke pesona keindahan pegunungan. Wisatawan yang menyukai perjalanan alam (trekking) akan mendapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan.
Refreshing life in Togean Island
Refreshing life in Togean Island

 Itu beberapa objek wisata yang ada di Kota Poso , mungkin anda yang belum pernah mengunjungi Kota Poso yang katanya kental akan Teroris ? Itu gak benar kok ! Saya sebagai anak bangsa *Ceilee* yang mendiami Kota ini tak merasakan hal-hal yang seperti dilansir di beberapa media massa . So, Kunjungilah Kota Poso :) Semoga dapat membantu yaa .. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar